Program MBKM Untag Surabaya Mampu Tingkatkan Potensi Mahasiswa

Rabu, 05 Januari 2022 - 06:12:21 WIB
Dibaca: 32 kali

Untag Surabaya berhasil mengimplementasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada semester ganjil tahun 2021-2022. Dari 8 indikator kinerja utama, Kampus Merah Putih berhasil melaksanakan 5 indikator.

Indikator tersebut antara lain, lulusan Untag Surabaya mendapat pekerjaan yang layak, mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus, Dosen melakukan kegiatan di luar kampus, Praktisi mengajar di dalam kampus, dan yang terakhir kelas kolaboratif serta partisipatif.

Rektor Untag Surabaya, Prof. Dr. Mulyanto Nugroho, M.M., CMA., CPA. terkait hal tersebut menyampaikan, hingga saat ini sejumlah mahasiswa telah mengikuti program unggulan Menteri Nadiem Makarim tersebut.

‘’Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka telah diikuti sebanyak 2600 mahasiswa. Ke dapannya diharapkan ada 30 persen mahasiswa Untag Surabaya dapat mengikuti MBKM,’’ ujar Mulyanto.

Di sisi lain, Hery Murnawan, S.T., M.T., CSCA. mengatakan, melalui analisis tingkat keberhasilan Program Kompetensi Kampus Merdeka (PK-KM) program MBKM di Untag Surabaya meningkatkan kemampuan mahasiswa di beberapa bidang.

‘’Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 74% menyatakan program magang dapat meningkatkan soft skill dan hard skill mahasiswa,'' kata Kaprodi Teknik Industri Untag Surabaya tersebut (30/12/21).

Tidak hanya itu, Hery juga menambahkan hasil terkait program sertifikasi dan program pertukaran pelajar. Kedua program tersebut mencapai perubahan signifikan dengan persentase sebesar 70% ke atas.

''Sedangkan program sertifikasi dan pelatihan mahasiswa menyatakan 72% mampu meningkatkan kompetensi di bidang keilmuan, dan pada program pertukaran mahasiswa, sebesar 73% menyatakan bahwa mahasiswa mendapatkan transfer knowledge yang baik dari Dosen'' tutup Hery.


Untag Surabaya || Fakultas Ekonomi Bisnis Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya